Media Information

Media Information of Indika Indonesia Resources Group

CSR dan Penghargaan PT MUTU Selama 2020


BANTUAN: Perwakilan PT MUTU menyerahkan bantuan alat pelindung diri dan perlengkapan medis lainnya kepada tenaga kesehatan di Kabupaten Barito Timur dan Barito Selatan.

TANGGUNG JAWAB sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU) adalah perwuju dan komitmen perusahaan untuk terus merealisasikan tanggung jawabnya terhadap sosial dan lingkungan secara terpadu dalam seluruh kegiatan. Kehadirannya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan.

CSR merupakan bagian dari pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik, dengan meningkatnya perhatian para pemangku kepentingan terhadap etika dan akuntabilitas bisnis, maka program tanggung jawab sosial perusahaan menjadi sangat penting untuk dilaksanakan· Sehingga perusahaan dan lingkungan sekitarnya tumbuh bersama secara berdampingan.

PT MUTU pun menyadari akan tanggung jawab sosial yang sangat besar, tidak hanya kepada para pemangku kepentingan, tapi juga kepada para pemegang saham.

Di samping itu, peran aktif perusahaan dalam pelaksanaan CSR juga memiliki manfaat untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional berkelanjutan dan dalam upaya menyediakan akses kepada masyarakat terhadap tingkat kehidupan sosial, ekonomi dan kualitas kehidupan yang lebih baik lagi.

Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat menantang bagi setiap orang di seluruh dunia, karena terjadi pandemi virus corona atau Covid-19 yang menyebar sangat masif ke seluruh dunia, termasuk di seluruh wilayah Indonesia secara umum, dan Provinsi Kalimantan Tengah secara khusus. MUTU sebagai bagian dari masyarakat juga turut hadir membantu dalam upaya untuk keluar dari masa krisis di tengah pandemi ini.

Beberapa program inisiatif CSR yang telah dilakukan PT MUTU sepanjang 2020:

SALAH satu komitmen untuk berperan aktif melawan Covid-19, PT MUTU menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi para dokter dan tenaga kesehatan di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dan Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah.

Bantuan berupa 540 unit baju hazmat, 61 boks masker medis dan 60 boks sarung tangan medis serta 10 unit thermo gun. Bantuan-bantuan itu telah diserahkan melalui Dinas Kesehatan Barsel dan juga Bartim.

Menyumbang APD dan Perlengkapan Medis kepada Tenaga Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19

bekerja sama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Dewan Pimpinan Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan program pemberian paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Barito Selatan dan Barito Timur.

Masyarakat yang diberikan bantuan sembako tersebut meliputi 20 desa. Yaitu 17 desa di Kabupaten Barito Selatan dan 3 desa di Kabupaten Barito Timur. Desa-desa tersebut adalah Desa Teluk Betung, Janggi, Malitin, Muara Arai (Kecamatan Karau Kuala), Desa Manggaris, Tetei Lanan, Dangka (Kecamatan Dusun Selatan), Desa Margajaya, Gagutur, Ugang Sayu, Wayun, Palurejo, Bipak Kali, Muara Singan, Patas I, Patas II, Bintang Ara (Kecamatan Gunung Bintang Awai) yang berada di Kabupaten Barito Selatan. Sedangan 3 desa di wilayah Kabupaten Barito Timur yaitu Desa Baruyan, Malintut dan Batuah (Kecamatan Raren Batuah).

Perwakilan PT MUTU menyerahkan bantuan sembako kepada warga Barito Selatan dan Barito yang terdampak pandemi Covid-19.

Total penerima manfaat program siaga pangan bantuan sembako ini adalah 1.520 kepala keluarga (KK) dengan jumlah 1.520 paket sembako. Datanya diperoleh dari kecamatan atau desa yang menjadi target penerima manfaat bantuan tersebut.

Untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas di luar area operasional perusahaan, PT MUTU juga telah bekerja sama dengan pihak lain, seperti media dalam membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di wilayah Kota Palangka Raya dengan mendistribusikan paket-paket sembako  sangat dibutuhkan pada masa pandemi Covid-19.

bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar, khususnya di bidang pendidikan, CSR PT MUTU telah memberikan beasiswa prestasi kepada siswa-siswi berprestasi tingkat SMP dan SMA, yang menjaring kurang lebih 256 siswa penerima manfaat setiap tahun.

Yaitu untuk 9 SMP dan 3 SMA yang berada di Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Barito Timur. Ini merupakan program berkelanjutan yang bertujuan menjaring siswa berprestasi dari setiap sekolah dan membantu biaya pendidikannya.

BEASISWA: Perwakilan PT MUTU memberikan beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Barito Selatan dan Barito Timur.-19

Salah satu program kesehatan yang dijalankan oleh CSR PT MUTU adalah pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil (PMT Posyandu). Program ini berjalan setiap bulan dan merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap tumbuh kembang anak dan ibu hamil di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Bantuan yang diberikan dalam program PMT Posyandu antara lain pemberian susu formula, biskuit bergizi dan makanan sereal/bubur untuk balita berumur 6-36 bulan. Sedangkan bagi ibu hamil diberikan susu ibu hamil untuk menambah nutrisi untuk kandungannya. Sasaran program PMT Posyandu meliputi 15 posyandu, total kurang lebih 585 balita dan 50 ibu hamil penerima manfaat setiap bulan.

PROGRAM KESEHATAN : Perwakilan PT MUTU menyerahkan bantuan dalam program kesehatan berupa makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil.

Bidang sosial dan keagamaan merupakan salah satu pilar program CSR PT MUTU untuk masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan. Di samping bantuan melalui pengajuan proposal oleh masyarakat untuk perayaan hari besar keagamaan dan upacara adat, bantuan juga diberikan berdasarkan peran aktif perusahaan dalam menjaga hubungan baik dengan aparatur desa dan lembaga adat yang ada di desa-desa wilayah operasional perusahaan.

BANTUAN KEAGAMAAN: Perwakilan PT MUTU menyerahkan bantuan sosial keagamaan.

dalam bidang kemandirian ekonomi, CSR PT MUTU membantu masyarakat untuk mengembangkan program pertanian secara hidroponik dengan memberikan saprodi dan pembuatan green house hidroponik kepada kelompok Wanita Tani “MAJAFLOBA” di Desa Palu Rejo dengan jumlah anggota 21 orang.

Tujuan program ini untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik lagi dengan memperoleh pendapatan/keuntungan terciptanya lapangan pekerjaan, menerapkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian masyarakat.

PERTANIAN: PT MUTU juga membantu kelompok masyarakat mengembangkan pertanian system hidroponik.

CSR PT MUTU ikut berpartisipasi dalam mengembangkan sarana pariwisata di Desa Wayun dengan membangun dermaga tempat sandar perahu dan perahu wisata di cek dam Situ Ulin Gagumet di Desa Wayun.

Sebagai daerah yang bersentuhan langsung dengan wilayah operasional perusahaan, Desa Wayun memiliki potensi wisata yang menarik untuk dinikmati masyarakat setempat. Untuk itu, PT MUTU sangat mendukung potensi wisata tersebut agar tercipta pengembangan desa yang lebih maju dan mandiri.

WISATA: PT MUTU juga membantu mengembangkan sarana pariwisata Situ Ulin Gagumet di Desa Wayun.

Kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai budaya masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup.

Sebagai bentuk kepedulian PT MUTU untuk ikut memerangi pandemi Covid-19 di Indonesia untuk skala yang lebih besar, juga dibuktikan dengan bekerja sama Yayasan Indika Untuk Indonesia. Melalui yayasan ini, MUTU berkontribusi memberikan dukungan penuh terhadap semua kegiatan yayasan dalam upaya ikut memerangi pandemi Covid-19 dan memutus matan rantai penularannya di masyarakat.

Mendapat Penghargaan dari Pemerintah Daerah

Kepedulian dan komitmen PT MUTU terhadap masyarakat melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan tidak hanya dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat, namun juga mendapat perhatian dan apresiasi dari pemerintah setempat.

PENGHARGAAN: Perwakilan PT MUTU (kanan) menerima piagam penghargaan di bidang kesehatan dari Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri, beberapa waktu lalu.

Hal ini dibuktikan dengan secara berturut-turut PT MUTU mendapat penghargaan dari Bupati Barito Selatan di bidang kesehatan pada 2018 -2020, karena berkontribusi dalam peningkatan mutu kesehatan masyarakat Kabupaten Barito Selatan.

Ini merupakan peran nyata untuk mewujudkan komitmen PT MUTU sebagai perusahaan pertambangan batu bara dan menjadi bagian dari masyarakat yang memiliki misi untuk selalu hadir memberikan manfaat positif bagi seluruh masyarakat.

Sumber : https://kalteng.co/bisnis/csr-dan-penghargaan-pt-mutu-selama-2020/

Tim Media | Oct 8th 2021